# Ibnu
Majah #
Nama beliau adalah “ Muhammad
bin Yazid Al-Rabaiyi, dikenal beliau dengan nama / gelar “ Abu Abdillah
bin Majah Al-Ghazwaini Al-Hafidz.
Beliau belajar hadits di Khurasan, Irak, Hizaz, Mesir, Syam, dan
beberapa kota lainnya.
Mengambil riwayat dari beliau /
berguru dengannya : “ Ali bin Said bin Abdullah Al-Ghadani, Ibrahim bin Dinar Al-Jarasyi
Al-Hamdani, dan masih banyak lagi.
Komentar “ Al-Khalili “ :
Dia (Ibnu Majah) sangat terpercaya, disepakati atas keterpercayaannya, dapat
di jadikan dalil pendapatnya, dia dikenal dengan kuat hafalan hadits, dia
mempunyai karangan-karangan dibidang Sunan-sunan, Tafsir, dan Sejarah,
dia terkenal pada bidang hadits di masanya, dia wafat pada tahun 273 H.
Komentar “ Ibnu Hajar “ :
Kitab-kitabnya di dalam Sunan-sunan tertata baik, banyak bab-bab dan
kesulitan-kesulitan, dan di dalamnya sering terdapat hadits-hadits dhaif,
sehingga sampai padaku sesungguhnya “ As-Sirri “ berpendapat : ,, Jika
terdapat hadits yang menyendiri (dalam sanad) kebiasaannya hadits itu dhaif dan
pada demikian itu bukan masalah atas masalah muthlak dhaifnya dengan pendapatku
,, . Kemudian aku temui pada tulisan “ Al-Hafidz Syamsuddin Muhammad bin Ali
Al-Husaini “ yang berbunyi : ,, Aku mendengar guru kami “ Al-Hafidz Abu
Al-Hajjaj Al-Mazii berkata :
,, Setiap periwayatan yang menyendiri dari “ Ibnu Majah “ maka hadits
itu dhaif, yaitu dengan demikian itu juga periwayatan yang menyendiri dengannya
dari hadits Imam-imam yang lima.
# Abu Lubabah bin Abdul Mundzir Al-Anshori Al-Madani #
Nama beliau
adalah “ Basyir bin Abdul Mundzir “ , Ada juga yang mengatakan Nama
beliau adalah “ Rufaah bin Abdul Mundzir bin Zunbir bin Zaid bin Umaiyah bin
Zaid bin Malik bin Auf bin Amar bin Auf bin Al-Aus.
Beliau
meriwayatkan / berguru belajar hadits lansung dari “ Nabi Muhammad SAW dan
Umar bin Khatthab RA “.
Mengambil
riwayat dari beliau / berguru dengannya : “ Anak beliau As-Saib dan
Abdurrahman, lalu Abdullah bin Umar bin Khatthab, Salim bin Abdullah bin
Umar, Abdullah bin Kaab, dan masih banyak lagi.
Komentar “ Abu
Ahmad Al-Hakim “ : Dia dikatakan ikut dalam perang Badar, ada juga
yang mengatakan Nabi SAW melarangnya
ketika perjalanan untuk perang Badar sudah sampai di daerah Rauha,
dan memperkerjakannya di Madinah. Setelah usai perang Badar Nabi SAW memberinya
bagian dari harta ghanimah (harta rampasan perang) dan upahnya
seakan-akan dia ikut dalam perang Badar. Kemudian dia ikut dalam perang Uhud
dan perang-perang lain sesudah perang Uhud.
Beliau adalah
salah satu tokoh pencetus perjanjian Aqabah, beliau wafat pada masa
pemerintahan Khalifah Ali bin Abi Thalib, ada juga pendapat mengatakan
beliau wafat sesudah tahun 50 H. dikatakan juga “ Khalifah “ berpendapat
beliau wafat sesudah tragedi pembunuhan Khalifah Usman bin Affan.
# Abdurrahman bin Yazid Al-Anshori #
Nama beliau
adalah “ Abdurrahman bin Yazid bin Jariyah Al-Anshori, Abu Muhammad
Al-Madani “. Saudara se-ibu “ Ashim bin Umar bin Khatthab “.
Beliau
meriwayatkan / berguru belajar hadits dari “ pamannya Mujma’ bin Jariyah,
Umar bin Khattab, Abu Lubabah bin Abdul Mundzir, dan Abu Ayyub.
Mengambil
riwayat dari beliau / berguru dengannya : “ Anak saudaranya Ya’qub bin
Mujma’, Al-Qasim bin Muhammad bin Abu Bakar, Abdullah bin Muhammad bin Aqil,
dan masih banyak lagi.
Komentar “ Al-A’raj
“ : Aku tidak pernah melihat seseorang sesudah sahabat lebih utama / afdhol
darinya.
Komentar “ Ibnu
Saad “ : Adalah dia pengganti kedudukan Qadhi bagi “ Umar bin Abdul Aziz
“, dia terpercaya, tidak banyak bicara, dia wafat di Madinah tahun 93 H.
Komentar “ Ibnu
Hajar “ : “ Khalifah “ berpendapat : dia wafat pada tahun 98 H.
# Abdullah bin Muhammad bin Aqil #
Nama beliau
adalah “ Abdullah bin Muhammad bin Aqil bin Abu Thalib Al-Hasyimi, Abu
Muhammad Al-Madani “. Ibunya bernama “ Zainab Ash-Shogri binti Ali “.
Beliau
meriwayatkan / berguru belajar hadits dari “ Ayahnya, dan pamannya Muhammad
bin Al-Hanafiyah, Ibnu umar, Abdurrahman bin Yazid Al-Anshori, dan masih
banyak lagi.
Mengambil
riwayat dari beliau / berguru dengannya : “ Muhammad bin Ajlan, Hammad bin
Salamah, Zuhair bin Muhammad, dan masih banyak lagi.
Menyebutnya “ Ibnu
Saad “ di dalam Kitab “ Al-Thabaqah Ar-Rabi’ah min ahlil Madinah “,
ia berkata : Adalah dia meingkari hadits, tidak bisa di ambil dalil dengan
hadits yang di riwayatkannya, dan adalah dia punya banyak ilmu.
Komentar “ Bisyir
bin Umar “ : Adalah Imam Malik tidak mengambil riwayat darinya.
Komentar “ Ali
bin Al-Madiini “ : Adalah “ Yahya bin Said “ tidak mengambil riwayat
darinya.
Komentar “ Muawiyah
bin Sholih “ dari “ Ibnu Muin “ : Haditsnya dhaif.
Komentar “ Abu
Ahmad Al-Hakim “ : Adalah “ Ahmad bin Hanbal dan Ishaq bin
Rahawaih “ berdalil keduanya dengan hadits yang di riwayatkannya, dan tidak
dengan demikian itu kokoh di perpegangi.
Komentar “ Ibnu
Adii “ : Mengambil riwayat / berguru darinya sekumpulan dari orang-orang
yang dikenal terpercaya, dan dia lebih baik dari “ Ibnu Sam’an “ dalam
penulisan haditsnya.
Komentar “ Khalifah
“ : dia wafat sesudah tahun 140 H.
Komentar “ Ibnu
Saad “ : Berkata “ Muhammad bin Umar “ : Dia wafat di Madinah sebelum lahir
“ Muhammad bin Abdullah bin Hasan “ , dan adalah lahir Muahammad tahun 45 H.
Komentar “ Ibnu
Hajar “ : Berkata “ Al-Uqaili “ : Adalah dia utama yang baik,
bersifat dengan ibadah, dan adalah dia di dalam hafalannya sedikit cacat.
Berkata “ Ibnu Kharasy “ : Orang-orang membicarakan padanya. Berkata “ As-Sajii
“ : Adalah dia dari golongan orang-orang yang jujur, dan tidak adalah dia
keyakinan pada hadits. Berkata “ Al-Khatib “ : Adalah dia diragukan
hafalannya. Berkata “ Al-Ajri dari Abu Daud “ : Adalah dia sering
bingung. Berkata “ Ibnu Abdul Barri “ : Dia lebih terpercaya dari
orang-orang yang membicarakan padanya.
-
(CATATAN) Perawi ini
mempunyai Pro dan Kontra dalam masalah periwayatannya.
# Zuhair bin Muhammad #
Nama beliau
adalah “ Zuhair bin Muhammad At-Tamimi, Abu Mundzir Al-Khurasani Al-Marwazi Al-Kharaqi. Berasal dari suatu desa di
qaraa Marwa, dinamai Kharaq, ada yang mengatakan berasal dari Hirah,
ada juga yang mengatakan berasal dari Naisabur, berdiam di Syam,
dan bermukim di Hizaz.
Beliau
meriwayatkan / berguru belajar hadits dari “ Zaid bin Aslam, Ashim Al-Ahwal,
Abdullah bin Muhammad bin Aqil, dan masih banyak lagi.
Mengambil
riwayat dari beliau / berguru dengannya : “ Abu Daud At-Thayalisi, Abu Amir
Al-Aqadi, Yahya bin Abu Bukair Al-Karamani, dan masih banyak lagi.
Komentar “ Hanbal
dari Ahmad “ : Terpercaya.
Komentar “ Abu
bakar Al-Marwazi dari Ahmad “ : Tidak mengapa mengambil riwayat
dengannya.
Komentar “ Imam
Bukhari “ : Berkata “ Ahmad “ : Adalah Zuhair yang meriwayatkan
darinya orang Syam akan Zuhair yang lain, berkata “ Imam Bukhari “ :
Sesuatu yang meriwayatkan darinya orang Syam, maka sesungguhnya di ingkari. Dan
sesuatu yang meriwayatkan darinya orang Bashrah, maka sesungguhnya shohih.
Komentar “ Abu
Hatim “ : Dia pembawaannya jujur dan pada hafalannya kurang baik, dan
adalah haditsnya di Syam di ingkaridari haditsnya di Irak karena kurang baik
hafalannya. Maka sesuatu yang meriwayatkan hadits dengannya dari hafalannya
maka di dalamnya kesalahan, dan sesuatu yang meriwayatkan hadits dari
tulisannya maka ialah shohih.
Komentar “
Ibnu Hajar “ : “ Musa bin Harun “ berkata : Aku berharap
sesungguhnya ia jujur, dan “ Al-Hakim Abu Ahmad “ juga berkata : Pada haditsnya
sebagian di ingkari. Di dalam kitab “ Tarikh Naisaburi “ dengan
sanad dari “ Isa bin Yunus “, kami mengambil hadits dari “ Zuhair bin
Muhammad “ dan adalah dia terpercaya. Dan menyebutnya “ Ibnu Habban
“ di dalam kitab “ At-Tsiqah “ dia berkata : Dia tersalah dan menyalahi.
“ As-Sajii “ berkata : Dia jujur, tapi haditsnya di ingkari. Berkata “ Al-Ijlii
“ : Tidak mengapa mengambil riwayat dengannya, dan ini hadits-hadits yang
meriwayatkannya ahli ahli Syam darinya tidak mengagumkanku. Dan menyebutkannya
“ Imam Bukhari “ di bagian orang yang wafat pada tahun 150-160 H.
# Yahya bin Abu Bukair #
Nama beliau
adalah “ Nasar Al-Asadi Al-Qaisiyii,
Abu Zakaria Al-Kirmani. Asli orang Kufah, bermukim di Baghdad.
Beliau
meriwayatkan / berguru belajar hadits dari ” Huraiz bin Usman, Ibrahim bin
Nafi’ Al-Maki, Zuhair bin Muhammad, dan masih banyak lagi.
Mengambil
riwayat dari beliau / berguru dengannya : “ Abdullah bin Al-Harits Al-Baghdadi, Abu Bakar bin Abu Syaibah,
Ya’qub bin Ibrahim Ad-Dauruki, dan masih banyak lagi.
Komentar “
Harab bin Ismail “ : Aku mendengar “ Ahmad “ memuji atasnya.
Komentar “ Usman
Ad-Darumi dari Ibnu Muin “ : Dia terpercaya.
Komentar “ Abu
Hatim “ : Dia jujur.
Menyebutnya “ Ibnu
Hibban “ di dalam kitab “ Ats-Tsiqah “, dia berkata : Dia wafat
sesudah tahun 200 H.
Komentar “ Ibnu
Qani’ “ : Dia wafat tahun 209 H.
Komentar “ Ibnu
Hajar “ : “ Ibnu Abu Hatim dari Ayahnya “ berkata : Berkata “ Ali
bin Al-Madani “ : “ Ibnu Abu
Bakar “ orang yang terpercaya.
# Abu Bakar bin Abu Syaibah #
Nama beliau
adalah “ Abdullah bin Muhammad bin Abu Syaibah, Ibrahim bin Usman bin
Khuwasti Al-Absiyi, dikenal dengan “ Abu Bakar Al-Hafidz Al-Kufiyi.
Beliau
meriwayatkan / berguru belajar hadits dari “ Abu Al-Ahwash, Abdullah bin
Idris, Ibnu Al-Mubaraq, Yahya bin Abu Bukair, dan masih banyak lagi.
Mengambil
riwayat dari beliau / berguru dengannya : “ Imam Bukhari, Imam Muslim, Abu
Daud, Ibnu Majah, dan masih banyak lagi.
Komentar “ Ahmad
“ : “ Abu Bakar “ orang yang jujur, ia paling disukai kepadaku dari
“ Usman “.
Komentar “ Al-Ajlii
“ : Dia terpercaya, dan adalah dia kuat hafalan bagi hadits.
Komentar “ Amar
bin Ali “ : Tidak pernah aku lihat yang paling kuat hafalannya dari “ Abu
Bakar “ , dia datang atas kami beserta “ Ali bin Al-Madani “ maka ia
mengoreksi untuk “ As-Syaibani “ 400 hadits yang di hafal dan sudah di
tetapkan.
Komentar “ Ibnu
Hajar “ : “ Ibnu Kharasy “ berkata : Aku mendengar “ Abu Zar’ah
Ar-Razi berkata : Tidak pernah aku lihat yang paling kuat hafalan dari “ Abu
Bakar bin Abu Syaibah “, maka aku katakan baginya : ,, Wahai Abu Zar’ah
dan kawan-kawan kami orang-orang Baghdad ,, ? maka dia berkata
tinggalkanlah kawan-kawanmu, kawan-kawan yang membingungkan. Dan berkata “ Ibnu
Hibban “ di dalam kitab “ Ats-Tsiqah “ : Adalah dia kuat keyakinan,
hafalan, agama dari orang-orang yang menulis, mengumpulkan, mengarang, dan
belajar. Adalah dia paling kuat hafalan orang-orang di masanya itu pasti. Dan “
Ibnu Qani’ “ berkata : Ketetapannya terpercaya. Di dalam kitab “ Az-Zuhrah
“ : Mengambil riwayat darinya “ Imam Bukhari “ 30 hadits dan “ Imam
Muslim 540.000 hadits.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar