Rabu, 25 Mei 2016

Makalah Biografi Perawi Hadits



# Ibnu Majah #
Nama beliau adalah “ Muhammad bin Yazid Al-Rabaiyi, dikenal beliau dengan nama / gelar “ Abu Abdillah bin Majah Al-Ghazwaini  Al-Hafidz. Beliau belajar hadits di Khurasan, Irak, Hizaz, Mesir, Syam, dan beberapa kota lainnya.
Mengambil riwayat dari beliau / berguru dengannya : “ Ali bin Said bin Abdullah  Al-Ghadani, Ibrahim bin Dinar  Al-Jarasyi  Al-Hamdani, dan masih banyak lagi.
Komentar “ Al-Khalili “ : Dia (Ibnu Majah) sangat terpercaya, disepakati atas keterpercayaannya, dapat di jadikan dalil pendapatnya, dia dikenal dengan kuat hafalan hadits, dia mempunyai karangan-karangan dibidang Sunan-sunan, Tafsir, dan Sejarah, dia terkenal pada bidang hadits di masanya, dia wafat pada tahun 273 H.
Komentar “ Ibnu Hajar “ : Kitab-kitabnya di dalam Sunan-sunan tertata baik, banyak bab-bab dan kesulitan-kesulitan, dan di dalamnya sering terdapat hadits-hadits dhaif, sehingga sampai padaku sesungguhnya “ As-Sirri “ berpendapat : ,, Jika terdapat hadits yang menyendiri (dalam sanad) kebiasaannya hadits itu dhaif dan pada demikian itu bukan masalah atas masalah muthlak dhaifnya dengan pendapatku ,, . Kemudian aku temui pada tulisan “ Al-Hafidz Syamsuddin Muhammad bin Ali Al-Husaini “ yang berbunyi : ,, Aku mendengar guru kami “ Al-Hafidz  Abu  Al-Hajjaj  Al-Mazii berkata : ,, Setiap periwayatan yang menyendiri dari “ Ibnu Majah “ maka hadits itu dhaif, yaitu dengan demikian itu juga periwayatan yang menyendiri dengannya dari hadits Imam-imam yang lima.

# Abu Lubabah bin Abdul Mundzir Al-Anshori  Al-Madani #
Nama beliau adalah “ Basyir bin Abdul Mundzir “ , Ada juga yang mengatakan Nama beliau adalah “ Rufaah bin Abdul Mundzir bin Zunbir bin Zaid bin Umaiyah bin Zaid bin Malik bin Auf bin Amar bin Auf bin Al-Aus.
Beliau meriwayatkan / berguru belajar hadits lansung dari “ Nabi Muhammad SAW dan Umar bin Khatthab RA “.
Mengambil riwayat dari beliau / berguru dengannya : Anak beliau As-Saib dan Abdurrahman, lalu Abdullah bin Umar bin Khatthab, Salim bin Abdullah bin Umar, Abdullah bin Kaab, dan masih banyak lagi.
Komentar “ Abu Ahmad Al-Hakim “ : Dia dikatakan ikut dalam perang Badar, ada juga yang mengatakan Nabi SAW melarangnya  ketika perjalanan untuk perang Badar sudah sampai di daerah Rauha, dan memperkerjakannya di Madinah. Setelah usai perang Badar Nabi SAW memberinya bagian dari harta ghanimah (harta rampasan perang) dan upahnya seakan-akan dia ikut dalam perang Badar. Kemudian dia ikut dalam perang Uhud dan perang-perang lain sesudah perang Uhud.
Beliau adalah salah satu tokoh pencetus perjanjian Aqabah, beliau wafat pada masa pemerintahan Khalifah Ali bin Abi Thalib, ada juga pendapat mengatakan beliau wafat sesudah tahun 50 H. dikatakan juga “ Khalifah “ berpendapat beliau wafat sesudah tragedi pembunuhan Khalifah Usman bin Affan.

# Abdurrahman bin Yazid Al-Anshori #
Nama beliau adalah “ Abdurrahman bin Yazid bin Jariyah Al-Anshori, Abu Muhammad Al-Madani “. Saudara se-ibu “ Ashim bin Umar bin Khatthab “.
Beliau meriwayatkan / berguru belajar hadits dari “ pamannya Mujma’ bin Jariyah, Umar bin Khattab, Abu Lubabah bin Abdul Mundzir, dan Abu Ayyub.
Mengambil riwayat dari beliau / berguru dengannya : “ Anak saudaranya Ya’qub bin Mujma’, Al-Qasim bin Muhammad bin Abu Bakar, Abdullah bin Muhammad bin Aqil, dan masih banyak lagi.
Komentar “ Al-A’raj “ : Aku tidak pernah melihat seseorang sesudah sahabat lebih utama / afdhol darinya.
Komentar “ Ibnu Saad “ : Adalah dia pengganti kedudukan Qadhi bagi “ Umar bin Abdul Aziz “, dia terpercaya, tidak banyak bicara, dia wafat di Madinah tahun 93 H.
Komentar “ Ibnu Hajar “ : “ Khalifah “ berpendapat : dia wafat pada tahun 98 H.

# Abdullah bin Muhammad bin Aqil #
Nama beliau adalah “ Abdullah bin Muhammad bin Aqil bin Abu Thalib Al-Hasyimi, Abu Muhammad Al-Madani “. Ibunya bernama “ Zainab Ash-Shogri binti Ali “.
Beliau meriwayatkan / berguru belajar hadits dari “ Ayahnya, dan pamannya Muhammad bin Al-Hanafiyah, Ibnu umar, Abdurrahman bin Yazid Al-Anshori, dan masih banyak lagi.
Mengambil riwayat dari beliau / berguru dengannya : “ Muhammad bin Ajlan, Hammad bin Salamah, Zuhair bin Muhammad, dan masih banyak lagi.
Menyebutnya “ Ibnu Saad “ di dalam Kitab “ Al-Thabaqah Ar-Rabi’ah min ahlil Madinah “, ia berkata : Adalah dia meingkari hadits, tidak bisa di ambil dalil dengan hadits yang di riwayatkannya, dan adalah dia punya banyak ilmu.
Komentar “ Bisyir bin Umar “ : Adalah Imam Malik tidak mengambil riwayat darinya.
Komentar “ Ali bin Al-Madiini “ : Adalah “ Yahya bin Said “ tidak mengambil riwayat darinya.
Komentar “ Muawiyah bin Sholih “ dari “ Ibnu Muin “ : Haditsnya dhaif.
Komentar “ Abu Ahmad Al-Hakim “ : Adalah “ Ahmad bin Hanbal dan Ishaq bin Rahawaih “ berdalil keduanya dengan hadits yang di riwayatkannya, dan tidak dengan demikian itu kokoh di perpegangi.
Komentar “ Ibnu Adii “ : Mengambil riwayat / berguru darinya sekumpulan dari orang-orang yang dikenal terpercaya, dan dia lebih baik dari “ Ibnu Sam’an “ dalam penulisan haditsnya.
Komentar “ Khalifah “ : dia wafat sesudah tahun 140 H.
Komentar “ Ibnu Saad “ : Berkata “ Muhammad bin Umar “ : Dia wafat di Madinah sebelum lahir “ Muhammad bin Abdullah bin Hasan “ , dan adalah lahir Muahammad tahun 45 H.
Komentar “ Ibnu Hajar “ : Berkata “ Al-Uqaili “ : Adalah dia utama yang baik, bersifat dengan ibadah, dan adalah dia di dalam hafalannya sedikit cacat. Berkata “ Ibnu Kharasy “ : Orang-orang membicarakan padanya. Berkata “ As-Sajii “ : Adalah dia dari golongan orang-orang yang jujur, dan tidak adalah dia keyakinan pada hadits. Berkata “ Al-Khatib “ : Adalah dia diragukan hafalannya. Berkata “ Al-Ajri dari Abu Daud “ : Adalah dia sering bingung. Berkata “ Ibnu Abdul Barri “ : Dia lebih terpercaya dari orang-orang yang membicarakan padanya.
-          (CATATAN) Perawi ini mempunyai Pro dan Kontra dalam masalah periwayatannya.

# Zuhair bin Muhammad #
Nama beliau adalah “ Zuhair bin Muhammad At-Tamimi, Abu Mundzir Al-Khurasani  Al-Marwazi  Al-Kharaqi. Berasal dari suatu desa di qaraa Marwa, dinamai Kharaq, ada yang mengatakan berasal dari Hirah, ada juga yang mengatakan berasal dari Naisabur, berdiam di Syam, dan bermukim di Hizaz.
Beliau meriwayatkan / berguru belajar hadits dari “ Zaid bin Aslam, Ashim Al-Ahwal, Abdullah bin Muhammad bin Aqil, dan masih banyak lagi.
Mengambil riwayat dari beliau / berguru dengannya : “ Abu Daud At-Thayalisi, Abu Amir Al-Aqadi, Yahya bin Abu Bukair Al-Karamani, dan masih banyak lagi.
Komentar “ Hanbal dari Ahmad “ : Terpercaya.
Komentar “ Abu bakar Al-Marwazi dari Ahmad “ : Tidak mengapa mengambil riwayat dengannya.
Komentar “ Imam Bukhari “ : Berkata “ Ahmad “ : Adalah Zuhair yang meriwayatkan darinya orang Syam akan Zuhair yang lain, berkata “ Imam Bukhari “ : Sesuatu yang meriwayatkan darinya orang Syam, maka sesungguhnya di ingkari. Dan sesuatu yang meriwayatkan darinya orang Bashrah, maka sesungguhnya shohih.
Komentar “ Abu Hatim “ : Dia pembawaannya jujur dan pada hafalannya kurang baik, dan adalah haditsnya di Syam di ingkaridari haditsnya di Irak karena kurang baik hafalannya. Maka sesuatu yang meriwayatkan hadits dengannya dari hafalannya maka di dalamnya kesalahan, dan sesuatu yang meriwayatkan hadits dari tulisannya maka ialah shohih.
Komentar “ Ibnu Hajar “ : “ Musa bin Harun “ berkata : Aku berharap sesungguhnya ia jujur, dan “ Al-Hakim Abu Ahmad “ juga berkata : Pada haditsnya sebagian di ingkari. Di dalam kitab “ Tarikh Naisaburi “ dengan sanad dari “ Isa bin Yunus “, kami mengambil hadits dari “ Zuhair bin Muhammad “ dan adalah dia terpercaya. Dan menyebutnya “ Ibnu Habban “ di dalam kitab “ At-Tsiqah “ dia berkata : Dia tersalah dan menyalahi. “ As-Sajii “ berkata : Dia jujur, tapi haditsnya di ingkari. Berkata “ Al-Ijlii “ : Tidak mengapa mengambil riwayat dengannya, dan ini hadits-hadits yang meriwayatkannya ahli ahli Syam darinya tidak mengagumkanku. Dan menyebutkannya “ Imam Bukhari “ di bagian orang yang wafat pada tahun 150-160 H.

# Yahya bin Abu Bukair #
Nama beliau adalah “ Nasar Al-Asadi  Al-Qaisiyii, Abu Zakaria Al-Kirmani. Asli orang Kufah, bermukim di Baghdad.
Beliau meriwayatkan / berguru belajar hadits dari ” Huraiz bin Usman, Ibrahim bin Nafi’ Al-Maki, Zuhair bin Muhammad, dan masih banyak lagi.
Mengambil riwayat dari beliau / berguru dengannya : “ Abdullah bin Al-Harits  Al-Baghdadi, Abu Bakar bin Abu Syaibah, Ya’qub bin Ibrahim Ad-Dauruki, dan masih banyak lagi.
Komentar “ Harab bin Ismail “ : Aku mendengar “ Ahmad “ memuji atasnya.
Komentar “ Usman Ad-Darumi dari Ibnu Muin “ : Dia terpercaya.
Komentar “ Abu Hatim “ : Dia jujur.
Menyebutnya “ Ibnu Hibban “ di dalam kitab “ Ats-Tsiqah “, dia berkata : Dia wafat sesudah tahun 200 H.
Komentar “ Ibnu Qani’ “ : Dia wafat tahun 209 H.
Komentar “ Ibnu Hajar “ : “ Ibnu Abu Hatim dari Ayahnya “ berkata : Berkata “ Ali bin Al-Madani  “ : “ Ibnu Abu Bakar “ orang yang terpercaya.

# Abu Bakar bin Abu Syaibah #
Nama beliau adalah “ Abdullah bin Muhammad bin Abu Syaibah, Ibrahim bin Usman bin Khuwasti Al-Absiyi, dikenal dengan “ Abu Bakar Al-Hafidz  Al-Kufiyi.
Beliau meriwayatkan / berguru belajar hadits dari “ Abu Al-Ahwash, Abdullah bin Idris, Ibnu Al-Mubaraq, Yahya bin Abu Bukair, dan masih banyak lagi.
Mengambil riwayat dari beliau / berguru dengannya : “ Imam Bukhari, Imam Muslim, Abu Daud, Ibnu Majah, dan masih banyak lagi.
Komentar “ Ahmad “ : “ Abu Bakar “ orang yang jujur, ia paling disukai kepadaku dari “ Usman “.
Komentar “ Al-Ajlii “ : Dia terpercaya, dan adalah dia kuat hafalan bagi hadits.
Komentar “ Amar bin Ali “ : Tidak pernah aku lihat yang paling kuat hafalannya dari “ Abu Bakar “ , dia datang atas kami beserta “ Ali bin Al-Madani “ maka ia mengoreksi untuk “ As-Syaibani “ 400 hadits yang di hafal dan sudah di tetapkan.
Komentar “ Ibnu Hajar “ : “ Ibnu Kharasy “ berkata : Aku mendengar “ Abu Zar’ah Ar-Razi berkata : Tidak pernah aku lihat yang paling kuat hafalan dari “ Abu Bakar bin Abu Syaibah “, maka aku katakan baginya : ,, Wahai Abu Zar’ah dan kawan-kawan kami orang-orang Baghdad ,, ? maka dia berkata tinggalkanlah kawan-kawanmu, kawan-kawan yang membingungkan. Dan berkata “ Ibnu Hibban “ di dalam kitab “ Ats-Tsiqah “ : Adalah dia kuat keyakinan, hafalan, agama dari orang-orang yang menulis, mengumpulkan, mengarang, dan belajar. Adalah dia paling kuat hafalan orang-orang di masanya itu pasti. Dan “ Ibnu Qani’ “ berkata : Ketetapannya terpercaya. Di dalam kitab “ Az-Zuhrah “ : Mengambil riwayat darinya “ Imam Bukhari “ 30 hadits dan “ Imam Muslim 540.000 hadits.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar