Rabu, 25 Mei 2016

Makalah METODE PEMBINAAN AJARAN AKHLAK TASAWWUF DI ZAMAN MODERN DAN KEPENTINGANNYA DI MASYARAKAT



Metode Pembinaan Akhlak Tasawuf di Zaman Modern

       Akhlak tasawuf sebagai suatu ilmu yang sangat berguna dalam rangka membentuk manusia-manusia yang humanis dengan moral yang luhur memerlukan metode dalam pembinaannya, sebagian metode pembinaan akhlak memang sudah bisa ditangkap pada uraian-uraian sebelum ini, dan pada hakikatnya ajaran yang disampaikan itu sama, hanya mungkin berbeda nama dan istilah saja sebagai bungkusnya. Tetapi walaupun demikian hal itu bisa dinamakan modern – kalau boleh dibilang demikian – paling tidak dari segi waktu atau zaman.
Di antaranya metode pembinaan akhlak tasawuf adalah :

# Metode Menejemen Qolbu

Menejemen Qolbu atau menata hati adalah suatu bimbingan yang bertujuan untuk menciptakan manusia yang mempunyai hati yang penuh dengan keikhlasan karena Allah Swt, berpandangan positif dan kedepan dengan selalu menata hati berdasarkan keimanan kepada Allah Swt.
K.H Abdullah Gymnastiar atau yang lebih dikenal dengan “Aa Gym” adalah pelopor dari metode menejemen Qolbu ini.


# Metode Zikir

Metode zikir ini adalah metode yang dikembangkan oleh K.H. Arifin Ilham, seorang kiyai muda yang mempunyai suara serak sebagai ciri khasnya, melalui majelis zikirnya di Jakarta.
      Tidak berbeda dengan K.H. Abdullah Gymnastiar, apa yang dilakukan oleh K.H. Arifin Ilham ini sesungguhnya juga sudah dikembangkan oleh para ulama terdahulu, terutama oleh para ahli tasawuf, sufi. Tetapi Ustadz Arifin, begitu biasanya beliau dipanggil, berhasil membangkitkan dan menggairahkan kembali zikir yang mulai ditinggalkan umat ini, dengan metode zikir berjama’ah, walau ada ulama yang kurang setuju dengan zikir berjama’ah ini, tetap saja beliau diminati oleh umat terutama yang mulai sadar akan kekeringan hati dan kegundahan jiwanya.


# Metode Nasyid


Tidak dapat dipungkiri kalau manusia sekarang khususnya kaum muda sangat gemar sekali dengan dunia hiburan, terutama musik, karenanya diperlukan musik alternatif yang bermutu dan membina keimanan dan akhlak kaum muda kita, dan salah satunya adalah nasyid. Itulah alasan mengapa nasyid masuk sebagai salah satu metode pembinaan akhlak tasawuf di zaman modern ini. Apalagi ketika diperhatikan ternyata ada perbedaan perilaku antara mereka yang mengkonsumsi nasyid dan yang tidak. Mereka yang mengkonsumsi nasyid jauh lebih Islami dan berakhlak luhur.





# Metode Mabit

Mabit (malam bina Iman dan Taqwa) adalah kegiatan yang dilaksanakan pada malam hari yang dilakukan oleh sekelompok jama’ah atau individu yang bertujuan untuk mendekatkan diri pada sang pencipta,biasanya kegiatan Mabit tersebut dimulai dari sejak waktu Maghrib tiba dengan mengadakan shalat Maghrib berjama’ah, tadarus al-Qur’an sampai waktu Isya, lalu shalat Isya berjama’ah, yang setelahnya diadakan diskusi, bedah buku atau ceramah sampai pertengahan malam, dan istirahat/tidur. Pada sepertiga terakhir para jama’ah dibangunkan untuk shalat malam, tahajud diselingi dengan renungan.
Pada saat-saat renungan itulah dapat kita rasakan adanya pembinaan akhlak dengan masuk melalui maqam taubat, bahkan dengan renungan seperti itulah yang terasa lebih menyentuh hati dan menggugah ghirah keIslaman kita. Inilah alasan kami metode mabit masuk sebagai salah satu metode pembinaan akhlak tasawuf di zaman modern ini.


# Metode Harakah

Harakah adalah sekelompok jama’ah yang melakukan kajian-kajian ISLAM, menyebarkan dakwah, dan melakukan kegiatan-kegiatan IBADAH bertujuan untuk mendekatkan diri kepada ALLAH SWT.
Metode harakah yang masuk ke dalam pembinaan akhlak tasawuf adalah Jama’ah Tabligh, karena pada saat ini Jama’ah Tabligh-lah yang lebih dekat kepada akhlak tasawuf yang dimaksudkan di sini dibandingkan dengan yang lain terutama harakah yang muncul baru-baru ini.

Kepentingan Pembinaan  Akhlak Tasawuf di Masyarakat
Di Zaman modern seperti sekarang ini, dimana manusia telah banyak di racuni oleh kebudayaan / kebiasaan asing, juga mulai maraknya pergaulan bebas di kalangan remaja, serta berkurangnya moral dan taqwa dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat.
Tidak dapat di pungkiri bahwa Pembinaan Akhlak Tasawuf Di Masyarakat sangatlah penting, sebab dengan adanya Pembinaan Akhlak Tasawuf Di Masyarakat dapat mengantisipasi dan menanggulangi hal-hal yang tidak di inginkan seperti yang di sebutkan tadi, serta dapat membimbing masyarakat menuju kekehidupan yang bermoral, bertaqwa, dan berakhlak. Juga dapat membimbing masyarakat untuk mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha ESA ALLAH SWT.

1 komentar:

  1. Slot Machines, Poker & Slots - Jtm Hub
    Slot machines, 충청남도 출장안마 poker & slots 의왕 출장안마 at JTM 광양 출장샵 Hub. The 경기도 출장안마 #1 slot machine supplier in the world, delivering a wide 보령 출장샵 range of table and live entertainment to your

    BalasHapus